Kamis, 14 Maret 2019

PAUD Asya'iriyah - Day 2 "Ke Kebun Binatang Yuk!"



Kamis, 24 Maret 2016. Hari ini merupakan hari kedua kami mengajar di PAUD Asya'iriyah. Kami penasaran dengan tantangan apa yang akan kami hadapi hari ini.

Kami melakukan kegiatan rutin lagi di hari ini yaitu berbaris, bernyanyi, mengucapkan janji siswa, dan membaca doa sebelum memasuki kelas. Semangat anak-anak ini masih sama, seolah stock energi mereka tak pernah habis setiap harinya. Berbaris di depan kelas kali ini dipimpin oleh satu anak dari kelas A yang bernama Azis. Dengan suara yang lantang ia memimpin  kegiatan berbaris ini layaknya pemimpin upacara di hari Kemerdekaan dan ia berteriak "Aku anak Indonesia! Merdeka!"

Setelah itu, kami memasuki kelas.

Seperti biasa pembelajaran dikelas dibuka dengan pertanyaan tebakan mengenai nama hari, tanggal, bulan, dan tahun. Jawabannya pun juga beragam dan ada pula yang menjawab dengan bahasa Inggris. Kami menuliskan nama hari, tanggal, bulan, dan tahun yang benar di papan tulis. Setelah itu kita bertepuk tangan sebanyak angka dari tanggal, bulan, dan tahun. Kita juga tak lupa mengawalinya dengan doa yang dipimpin oleh guru di kelas.

Nah, materi hari ini adalah........... Rekreasi ke Kebun Binatang!

Kami memulainya dengan pengenalan. Tipe pembelajaran untuk pengenalan masih sama yaitu mentoring dan media yang digunakan juga berupa gambar yang dicetak. Materi pengenalan kali ini mencakup :
1. Apa itu kebun binatang?
2. Apa sajakah hewan di kebun binatang?
3. Apa sajakah hewan yang habitatnya di air?
4. Apa sajakah hewan yang habitatnya didarat?
5. Bagaimana suara-suara hewan?

Selanjutnya kita masuk sesi games yaitu, "Aku hewan apa ya?"
Kita semua duduk melingkar di lantai dan menutup mata. Media yang digunakan adalah handphone dan aplikasi suara-suara hewan. Games ini bertujuan menantang pengetahuan mereka akan suara-suara hewan yaitu gajah, kucing, monyet, singa, macan, dan kuda. Jawaban mereka beragam, tetapi kebanyakan benar. Lucunya adalah mereka tidak hanya menebak karena mereka juga memperagakan perilaku dari hewan tersebut.

Sekarang saatnya sesi pelatihan motorik yaitu, "Mari membuat sesuatu!"

Kelas A materinya adalah membuat ikat kepala yang dihiasi dengan gambar-gambar kepala hewan. Bahan-bahan yang digunakan adalah karton, gambar kepala hewan yang sudah dicetak, dan lem. Anak-anak nampak sangat serius saat membuat ikat kepala yang berhiaskan hewan ini, baik saat menggunting karton maupun saat menempel gambar hewannya. Setelah ikat kepala mereka jadi, mereka langsung memakai dan bermain bersama teman-temannya dengan riang. Kami mengawasi dan juga ikut bermain bersama mereka.

Kelas B materinya adalah menebalkan gambar dengan kertas kalkir. Anak-anak disini juga terlihat serius dalam mengerjakan tugasnya yang satu ini. Hasilnya pun beragam. Ada yang hanya menebalkan dan ada pula yang menambahkan gambarnya. Imajinasi anak-anak memang tiada batasnya.

Setelah selesai, kita memasuki "Let's sing!"
Kami belajar bahasa Inggris mengenai nama-nama hewan yang telah diperkenalkan diawal sesi pembelajaran. Namun agar lebih mudah diingat, kami mengajarkannya dengan lagu dan hasilnya mereka hafal dalam waktu kurang dari 10 menit. Kami menyanyikan lagu ini sebanyak 3x dan bertepuk tangan.

Teng..teng...waktunya istirahat!

Kami berbaris untuk mencuci tangan. Setelah selesai, kami duduk melingkar di lantai dan memegang kotak bekal masing-masing. Sebelum makan, kami awali dengan berdoa. Lalu kami menyantap bekal masing-masing, yumm! Anak-anak makan dengan lahap dan beberapa ada yang bertukar lauk dengan temannya.

Teng..teng..waktu istirahat sudah habis!

Kami semua berbaris kembali untuk mencuci tangan. Setelah itu, ada beberapa yang membersihkan sisa makanannya yang berantakan di lantai dengan kain lap. Kami pun duduk di bangku dan berdoa sesudah makan.

Kita sekarang memasuki lagi sesi games "Aku hewan apa ya?" namun dengan media gerakan. Kami memperagakan hewan-hewan tertentu dan anak-anak harus menebaknya. Games ini bertujuan untuk menguji ingatan mereka mengenai perilaku hewan-hewan. Disesi ini semua menjawab dengan benar, yeay! Dan mereka juga ikut maju ke depan memperagakan hewan bersama kami.

Nah, waktunya review! Kita membuatnya dalam bentuk tebak-tebakan mengenai hal apa saja yang telah dipelajari hari ini dan makna apa yang bisa dipetik.

Teng..teng...waktunya pulang!

Semua berusaha duduk dengan rapi dan berdoa dengan tenang untuk mendapat giliran pulang lebih cepat.


Mengajar anak-anak memang selalu memberikan kesenangan dan kejutan tersendiri. Kami sangat menikmati peran menjadi Guru PAUD dihari kedua ini. Menjadi Guru PAUD bukanlah pekerjaan yang mudah karena harus mendidik anak-anak yang berada di tahap pertama dalam pendidikan. Salut untuk seluruh Guru PAUD di Indonesia!













Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog

Arsip

Tag

Blog Archive