Rabu, 6 April 2016. Lima...Ya, sudah 5 hari kita mengajar! Tak terasa sudah 5 hari kita menjadi bagian dari PAUD Asya'iriyah, dimana kita turut membantu dalam mendidik anak-anak di PAUD ini. Oiya, ini adalah ketiga kalinya kita mengajar dengan tema "Komunikasi" untuk kelas B, akan tetapi tema di kelas A berganti menjadi "Buah-buahan". Penasaran dengan kegiatan kita yang masih dengan tema komunikasi?Eits, tenang...tantangan baru untuk anak PAUD ini sudah kita siapkan!
Kami melakukan kegiatan rutin lagi di hari ini yaitu berbaris, bernyanyi, mengucapkan janji siswa, dan membaca doa sebelum memasuki kelas. Berbaris di depan kelas masih dipimpin oleh satu anak imut dan berwibawa dari kelas A yang bernama Azis.
Setelah itu waktunya masuk kelas!
Sebelum memulai pembelajaran dikelas, ada kegiatan spesial lainnya yang rutin dilakukan setiap hari Rabu yaitu senam. Ya, senam! Senam ini bertujuan untuk melatih kemampuan motorik anak-anak dan juga untuk kesehatan. Melompat, berputar, dan bertepuk tangan merupakan gerakan yang khas dari senam ini. Kami semua pun sangat bersemangat dengan gerakan senam ini yang cukup mengeluarkan keringat dan mampu membangkitkan semangat kita. Kegiatan senam kali ini direkam untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Binus University dalam merayakan hari Kartini pada tanggal 21 April nanti.
Karena tema kelas A dan kelas B berbeda, maka laporannya akan dipisah sesuai dengan kelas masing-masing.
Di sesi ini kita akan membuat tv dengan bintang tv-nya adalah Shaun the Sheep yang bahan-bahannya terdiri atas tempat makan sterofoam, sedotan, lem,origami, kapas, dan manik-manik. Semua sangat bersemangat saat membuat domba ala mereka. Setiap anak memiliki bentuk domba yang berbeda dan sangatlah unik. Sesi selanjutnya adalah....
Teng..teng...waktunya istirahat!
Kami berbaris untuk mencuci tangan. Setelah selesai, kami duduk melingkar di lantai dan memegang kotak bekal masing-masing. Sebelum makan, kami awali dengan berdoa. Lalu kami menyantap bekal masing-masing, yumm! Anak-anak makan dengan lahap dan beberapa ada yang bertukar lauk dengan temannya.
Teng..teng..waktu istirahat sudah habis!
Kami melakukan kegiatan rutin lagi di hari ini yaitu berbaris, bernyanyi, mengucapkan janji siswa, dan membaca doa sebelum memasuki kelas. Berbaris di depan kelas masih dipimpin oleh satu anak imut dan berwibawa dari kelas A yang bernama Azis.
Setelah itu waktunya masuk kelas!
Sebelum memulai pembelajaran dikelas, ada kegiatan spesial lainnya yang rutin dilakukan setiap hari Rabu yaitu senam. Ya, senam! Senam ini bertujuan untuk melatih kemampuan motorik anak-anak dan juga untuk kesehatan. Melompat, berputar, dan bertepuk tangan merupakan gerakan yang khas dari senam ini. Kami semua pun sangat bersemangat dengan gerakan senam ini yang cukup mengeluarkan keringat dan mampu membangkitkan semangat kita. Kegiatan senam kali ini direkam untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Binus University dalam merayakan hari Kartini pada tanggal 21 April nanti.
Karena tema kelas A dan kelas B berbeda, maka laporannya akan dipisah sesuai dengan kelas masing-masing.
KELAS A
Seperti biasa pembelajaran dikelas dibuka dengan pertanyaan tebakan mengenai nama hari, tanggal, bulan, dan tahun. Dengan semangat yang sama mereka menjawab pertanyaan kami. Kami pun selanjutnya menuliskan nama hari, tanggal, bulan, dan tahun yang benar di papan tulis. Setelah itu kita bertepuk tangan sebanyak angka dari tanggal, bulan, dan tahun. Kita juga tak lupa mengawalinya dengan doa yang dipimpin oleh guru di kelas.
Tema hari ini adalah Buah-buahan!
Kami juga mengawalinya dengan hal yang sama seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya yaitu dengan pengenalan mengenai tema hari ini yaitu Buah-buahan. Tipe pembelajaran juga dengan mentoring dan media yang digunakan juga foto yang dicetak. Materinya mencakup :
1. Mengenal pasar buah
2. Mengenal nama-nama buah dalam bahasa Inggris
Sekarang saatnya sesi pelatihan motorik yaitu, "Mari mengerjakan sesuatu!"
Dalam sesi ini terdapat 5 kegiatan yaitu belajar menulis nama-nama buah dalam bahasa Inggris dengan mengikuti garis, menggariskan total buah dengan angka yang sesuai, menulis angka dalam bahasa Inggris dengan mengikuti garis, mewarnai gambar buah pada basket dengan mengikuti kode gambar, dan membuat sate buah yang terdiri dari buah apel dan pisang dengan ditambah sirup coklat yum!
Teng..teng...waktunya istirahat!
Kami berbaris untuk mencuci tangan. Setelah selesai, kami duduk melingkar di lantai dan memegang kotak bekal masing-masing. Sebelum makan, kami awali dengan berdoa. Lalu kami menyantap bekal masing-masing, yumm! Anak-anak makan dengan lahap dan beberapa ada yang bertukar lauk dengan temannya.
Teng..teng..waktu istirahat sudah habis!
Kami semua berbaris kembali untuk mencuci tangan. Setelah itu, ada beberapa yang membersihkan sisa makanannya yang berantakan di lantai dengan kain lap. Kami pun duduk di bangku dan berdoa sesudah makan.
Sekarang saatnya review karena sebelum istirahat sudah banyak kegiatan yang dilakukan. Review untuk mengulang kembali apa yang telah dipelajari dan juga ditambah tebak-tebakan mengenai nama buah dalam Inggris.
Teng..teng...waktunya pulang!
Semua berusaha duduk dengan rapi dan berdoa dengan tenang untuk mendapat giliran pulang lebih cepat.
Sekarang saatnya memasuki pelatihan motorik, yaitu "Ayo membuat sesuatu!"Tema hari ini adalah Buah-buahan!
Kami juga mengawalinya dengan hal yang sama seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya yaitu dengan pengenalan mengenai tema hari ini yaitu Buah-buahan. Tipe pembelajaran juga dengan mentoring dan media yang digunakan juga foto yang dicetak. Materinya mencakup :
1. Mengenal pasar buah
2. Mengenal nama-nama buah dalam bahasa Inggris
Sekarang saatnya sesi pelatihan motorik yaitu, "Mari mengerjakan sesuatu!"
Dalam sesi ini terdapat 5 kegiatan yaitu belajar menulis nama-nama buah dalam bahasa Inggris dengan mengikuti garis, menggariskan total buah dengan angka yang sesuai, menulis angka dalam bahasa Inggris dengan mengikuti garis, mewarnai gambar buah pada basket dengan mengikuti kode gambar, dan membuat sate buah yang terdiri dari buah apel dan pisang dengan ditambah sirup coklat yum!
Teng..teng...waktunya istirahat!
Kami berbaris untuk mencuci tangan. Setelah selesai, kami duduk melingkar di lantai dan memegang kotak bekal masing-masing. Sebelum makan, kami awali dengan berdoa. Lalu kami menyantap bekal masing-masing, yumm! Anak-anak makan dengan lahap dan beberapa ada yang bertukar lauk dengan temannya.
Teng..teng..waktu istirahat sudah habis!
Kami semua berbaris kembali untuk mencuci tangan. Setelah itu, ada beberapa yang membersihkan sisa makanannya yang berantakan di lantai dengan kain lap. Kami pun duduk di bangku dan berdoa sesudah makan.
Teng..teng...waktunya pulang!
Semua berusaha duduk dengan rapi dan berdoa dengan tenang untuk mendapat giliran pulang lebih cepat.
KELAS B
Seperti biasa pembelajaran dikelas dibuka dengan pertanyaan tebakan mengenai nama hari, tanggal, bulan, dan tahun. Dengan semangat yang sama mereka menjawab pertanyaan kami. Kami pun selanjutnya menuliskan nama hari, tanggal, bulan, dan tahun yang benar di papan tulis. Setelah itu kita bertepuk tangan sebanyak angka dari tanggal, bulan, dan tahun. Kita juga tak lupa mengawalinya dengan doa yang dipimpin oleh guru di kelas.
Tema hari ini adalah Komunikasi lagi, yeay!
Pengenalan hari ini hanya untuk alat komunikasi TV, mengapa? karena prakarya yang akan kita buat hari ini adalah TV!
Pengenalan yang kita lakukan sederhana. Kita menanyakan apa fungsi tv dan mereka bisa menjawabnya dengan benar dan lengkap. Setelah itu, kita bernyanyi lagi lagu TV dan juga kita melakukan tepuk TV.
Setelah itu kita mengajarkan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan dibuat dalam bentuk nyanyian agar lebih mudah dipahami. Setelah itu anak-anak menyalin nama-nama bulan dalam bahasa Inggris yang telah ditulis di papan tulis. Mereka menuliskan nama-nama bulan tersebut sambil menyanyikan lagu nama-nama bulan yang baru saja diajarkan.
Tema hari ini adalah Komunikasi lagi, yeay!
Pengenalan hari ini hanya untuk alat komunikasi TV, mengapa? karena prakarya yang akan kita buat hari ini adalah TV!
Pengenalan yang kita lakukan sederhana. Kita menanyakan apa fungsi tv dan mereka bisa menjawabnya dengan benar dan lengkap. Setelah itu, kita bernyanyi lagi lagu TV dan juga kita melakukan tepuk TV.
Setelah itu kita mengajarkan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan dibuat dalam bentuk nyanyian agar lebih mudah dipahami. Setelah itu anak-anak menyalin nama-nama bulan dalam bahasa Inggris yang telah ditulis di papan tulis. Mereka menuliskan nama-nama bulan tersebut sambil menyanyikan lagu nama-nama bulan yang baru saja diajarkan.
Di sesi ini kita akan membuat tv dengan bintang tv-nya adalah Shaun the Sheep yang bahan-bahannya terdiri atas tempat makan sterofoam, sedotan, lem,origami, kapas, dan manik-manik. Semua sangat bersemangat saat membuat domba ala mereka. Setiap anak memiliki bentuk domba yang berbeda dan sangatlah unik. Sesi selanjutnya adalah....
Teng..teng...waktunya istirahat!
Kami berbaris untuk mencuci tangan. Setelah selesai, kami duduk melingkar di lantai dan memegang kotak bekal masing-masing. Sebelum makan, kami awali dengan berdoa. Lalu kami menyantap bekal masing-masing, yumm! Anak-anak makan dengan lahap dan beberapa ada yang bertukar lauk dengan temannya.
Teng..teng..waktu istirahat sudah habis!
Kami semua berbaris kembali untuk mencuci tangan. Setelah itu, ada beberapa yang membersihkan sisa makanannya yang berantakan di lantai dengan kain lap. Kami pun duduk di bangku dan berdoa sesudah makan.
Sesudah itu kami masuk dan masuk sesi games, yaitu "Ayo Berani!"
Di games ini, anak-anak harus maju satu persatu dan menyanyikan lagu nama-nama bulan dalam bahasa Inggris. Semua tampak antusias karena mereka sudah menguasainya. Karena mereka tampak antusias, kami memberi mereka hadiah sekantung snack dan satu buku tulis.
Selanjutnya kami bercerita tentang "Tangisan Katak Hijau", dimana 1 orang menjadi pembaca berita dan 3 orang lainnya memerankan karakter dalam cerita tersebut. Makna dari cerita tersebut adalah kita harus mematuhi perkataan orang tua. Jangan tunggu sampai menyesal. Anak-anak tertawa melihat tingkah laku kami yang menyerupai kodok. Kami pun ikut tertawa dengan tingkah laku kami sendiri.
Nah, waktunya review! Kita membuatnya dalam bentuk tebak-tebakan mengenai hal apa saja yang telah dipelajari hari ini dan makna apa yang bisa dipetik.
Teng..teng...waktunya pulang!
Semua berusaha duduk dengan rapi dan berdoa dengan tenang untuk mendapat giliran pulang lebih cepat.
Sesudah itu kami masuk dan masuk sesi games, yaitu "Ayo Berani!"
Di games ini, anak-anak harus maju satu persatu dan menyanyikan lagu nama-nama bulan dalam bahasa Inggris. Semua tampak antusias karena mereka sudah menguasainya. Karena mereka tampak antusias, kami memberi mereka hadiah sekantung snack dan satu buku tulis.
Selanjutnya kami bercerita tentang "Tangisan Katak Hijau", dimana 1 orang menjadi pembaca berita dan 3 orang lainnya memerankan karakter dalam cerita tersebut. Makna dari cerita tersebut adalah kita harus mematuhi perkataan orang tua. Jangan tunggu sampai menyesal. Anak-anak tertawa melihat tingkah laku kami yang menyerupai kodok. Kami pun ikut tertawa dengan tingkah laku kami sendiri.
Nah, waktunya review! Kita membuatnya dalam bentuk tebak-tebakan mengenai hal apa saja yang telah dipelajari hari ini dan makna apa yang bisa dipetik.
Teng..teng...waktunya pulang!
Semua berusaha duduk dengan rapi dan berdoa dengan tenang untuk mendapat giliran pulang lebih cepat.
0 komentar:
Posting Komentar